Rabu, 08 Mei 2013

Pengendalian Kecoa Oriental atau Blatta Orientalis


PENGENDALIAN BLATTA ORIENTALIS


Blatta orientalis sering meletakkan oothecae di celah dan retakan yang bisa sangat sulit untuk dibasmi dengan insektisida, atau pada saat anakan menetas dari oothecae perlakuan tersebut tidak dapat berhasil. Oleh karena itu metode baru yang sedang dikembangkan untuk mengelola kecoa oriental ini dalam kombinasi dengan semprotan reguler dan debu. Telah ada peningkatan metode beberapa tahun terakhir untuk menggunakan analog hormon juvenil (JHAs) untuk kontrol banyak hama serangga. JHAs memiliki toksisitas vertebrata rendah, tindakan biologis yang sangat spesifik dan  dapat mengganggu pertumbuhan dan reproduksi pada serangga, yang membuatnya menjadi kandidat yang baik untuk digunakan dalam lingkungan domestik dan publik.
Sebuah hambatan kimia di sekeliling rumah bersama dengan insektisida diterapkan pada lokasi tertentu dalam  akan membantu mengontrol Blatta orientalis. Namun, kerusakan yang cepat dari insektisida dapat terjadi karena kecoak oriental lebih memilih untuk beristirahat di permukaan yang basah.
Beberapa pengendalian dan pengontrolan lain untuk blatta orientalis :
1.      Survey
Untuk mengontrol kecoak Oriental ini, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh. Sebuah survei kecoa (perangkap) kadang-kadang diperlukan untuk menentukan sejauh mana kecoa atau telur kecoa merajalela, karena bahkan pemeriksaan menyeluruh tidak akan mengungkapkan semua harborages kecoa atau daerah di mana mereka mencari makanan yang paling aktif di malam hari.
Survei sangat berguna di rumah-rumah dan bangunan di mana ada tingkat infestasi sedang hingga infestasi berat. Survei melibatkan penempatan perangkap kecoa yang lengket di lokasi strategis di dalam gedung. Bila mungkin, perangkap itu dapat diletakkan baik dinding ataupun di sudut lantai.

2.      Sanitasi, Modifikasi Struktural, dan Perbaikan
Memodifikasi interior lingkungan, mengeluarkan atau membuang sisa bahan makanan, menghindari kelembaban pada ruangan, dan harborages untuk kecoa adalah langkah pertama dalam pengendalian. Menghilangkan kecoa harborages dengan mendempul bagian dalam lemari, mendempul bawah wastafel, dan tempat lainnya, atau membuat perbaikan struktural serupa di dapur, kamar mandi, dan area lain dari rumah.
Kecoa Oriental dapat pindah tempat tinggal ke luar bangunan. Penelitian terbaru telah dilakukan pada pergerakan kecoa Oriental di bawah, di sekitar, dan ke rumah dari harborages di ruang merangkak dan yayasan cinder block. Penelitian telah menunjukkan bahwa kecoa ini sering pindah ke rumah bersama pipa (misalnya, melalui lantai dari bawah ruang merangkak) dan di bawah pintu atau jendela. Penggunaan skrining, mendempul dan serupa mungkin berguna dalam pengetatan eksterior untuk mencegah masuknya kecoak.
Berikut ini adalah beberapa cara lain yang dapat membantu pengendalian Blatta orientalis di dalam dan sekitar rumah melalui sanitasi: 
  • Sisi luar pintu, jendela, pipa bukaan dan ventilasi pengering harus diperlakukan dengan semprotan residual yang baik
  • Kebocoran pipa harus diperbaiki, dan spasi lembab harus berventilasi.
  • Retakan dalam struktur harus caulked di permukaan tanah.
  • Daun membusuk dan bahan organik harus dihapus jauh dari jendela dan pintu.
  • Sampah kaleng harus dijauhkan dari habitat lembab
  • Perangkap menguras harus disimpan penuh atau tertutup.

3.      Chemical Control
Debu kimia seperti asam borat, silika aerogel, dan tanah diatom dapat diterapkan pada rongga dan harborages lain seperti celah dan retakan. Jangan menerapkan debu kimia tersebut ke daerah-daerah yang basah atau lembab. Debu kimia tersebut harus diterapkan sedikit demi sedikit  karena pemberian yang berlebihan dapat mengusir kecoak. Jangan menempatkan debu ini di tempat dimana anak-anak atau hewan peliharaan bisa atau biasa datang dan pastikan bahwa debu tidak mengotori makanan.
Penyemprotan insektisida dapat membantu dalam pengurangan kecoa Oriental memasuki rumah dari luar. Semprotan harus diterapkan untuk menciptakan sebuah penghalang terus menerus di sekitar struktur rumah. Gunakan hanya bahan-bahan yang sesuai.

4.      Perangkap
Perangkap kecoa dapat menjadi metode yang efektif untuk mengendalikan atau menghilangkan kecoa dari lingkungan rumah. Umpan yang digunakan harus mengandung hydramethylnon, fipronil, sulfluramid, asam borat, atau abamektin dan harus menyediakan tingkat kontrol yang tinggi bila diterapkan pada daerah-daerah di mana kecoa bersarang. 




Referensi :

Rodriguez, G. 2001. "Blatta orientalis" (Online), Animal Diversity Web. Diakses 7 Mei 2013 pada http://animaldiversity.ummz.umich.edu/accounts/Blatta_orientalis/
McCanless,K. 2005.”Oriental Cockroach” (Online), University of Florida Web. Diakses 7 Mei 2013 pada http://entnemdept.ufl.edu/creatures/urban/roaches/oriental_cockroach.htm
Jacobs, Steve. 2013. “Oriental Cockroach” (Online), College of Agricultural Sciences. Diakses 7 Mei 2013 pada http://ento.psu.edu/extension/factsheets/oriental-cockroaches
Anonim.(_). Online. Diakses 7 Mei 2013 pada http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d035_022577_chapter1.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar