Kamis, 09 Mei 2013

Ada apa di balik warna KUNING ?






Warna merupakan karunia Tuhan yang diciptakan sebagai salah satu bentuk keindahan dunia, warna tercipta dari berbagai campuran yang ada di alam, akan tetapi tidak hanya berfungsi sebagai bentuk keindahan saja, tetapi warna dikenal mampu memberikan kesan seseorang pada saat pertama kali bertemu.


Dalam dunia Psikologi barat, ilmu pengenalan tentang warna disebut dengan Colour Psychology, Dalam Wikipedia, Psikologi warna merupakan studi tentang warna sebagai penentu perilaku manusia.Bahkan warna dalam dunia Psikologi warna dikenal sebagai salah satu bentuk pengobatan penyakit psikologis, terapi ini diskenal sebagai Chromotherapi. Menurut healing.about.com terapis yang terlatih dalam terapi warna menggunakan cahaya dan warna dalam bentuk alat, visualisasi, atau komunikasi verbal untuk menyeimbangkan energi di daerah tubuh kita yang kurang “Vibrance”, baik itu fisik, emosional, spiritual, atau mental.


Apapun perkembanganya, warna menjadi sesuatu yang penting terutama untuk memberi kesan positif pada kita, oleh karena itu kita perlu mengetahui warna-warna berikut yang memiliki kesan berbeda untuk pemakainya.. Berikut penjelasannya warna warna tersebut serta pengaruh psikologis dari si pemakai serta kapan saat waktu yang tepat untuk memakainya. Ada empat warna utama psikologis - merah, biru, kuning dan hijau. Mereka berhubungan masing-masing untuk tubuh, pikiran, emosi dan keseimbangan penting antara ketiganya.


Nah ngomong soal warna nih, aku mau sedikit curhat ya :D Dari semua warna, entah kenapa mengapa dan bagaimana aku suka banget sama warna KUNING.. Padahal menurut banyak orang, kuning itu kan warna yang katrok, menjijikkan, dan menyilaukan mata. Tapi aku sukaaaaa pake bangeeet sama nih warna.. Menurut aku, kuning itu warna yang bisa bersinar diantara warna lainnya yang cenderung gelap daripada si dia nih.. Kuning bisa ngasi keceriaan sendiri sih menurut aku pribadi.. Bisa bikin lebih semangat melewati hari.. Tapi gak semua warna kuning loh yang aku suka, pokok yang sesuai aja gitu sama hati nurani aku :D Nah ternyata ada sesuatu loh yang tersirat dari si KUNING ini.. mau tau? yuk cekidododododot 

sesuatu di balik KUNING ~~~~

Kalo dilihat dari sisi positif nya warna kuning mengandung arti: 
  • Optimis
  • kepercayaan diri
  • harga diri
  • extraversion
  • kekuatan emosional
  • keramahan
  • kreativitas.
Nah kalo dilihat dari sisi orang orang yang sensi sama si kuning :p, kuning mengandung arti: 
  • Irasionalitas
  • ketakutan
  • kerapuhan
  • emosional depresi
  • kecemasan
  • bunuh diri.
    Panjang gelombang kuning relatif lama dan pada dasarnya merangsang. Dalam hal ini warna kuning memberikan stimulus emosional, sehingga kuning adalah warna terkuat, psikologis. Warna kuning yang tepat akan mengangkat jiwa kita dan harga diri kita, itu adalah warna kepercayaan diri dan optimisme. Terlalu banyak, atau nada yang salah dalam hubungan dengan nada lain dalam skema warna, dapat menyebabkan harga diri untuk menurun, sehingga dapat menimbulkan ketakutan dan kecemasan.
      Selain itu warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan. Jadi Anda sudah bisa menebak jika si dia memberi mawar kuning saat Valentine.

      Kapan warna istimewa ini (menurut aku prinadi sih hehe) dipakai???
Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila tak nyaman dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang disukai, misalnya tas bunga-bunga warna kuning.

Jadi, buat kalian yang suka meng-under-estimate warna KUNING , perlu dipikirin lagi yah.. hehe..
baik buruknya warna tergantung dari sekreatif dan sepintar apa kita menggunakannya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar